METODE PEMBELAJARAN KREATIF MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII


METODE PEMBELAJARAN KREATIF MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII
Christian (101424014)

ABSTRAK
            Untuk mewujudkan pandangan bahwa fisika merupakan pelajaran yang menyenangkan, mudah dipahami, dan mengasyikan, dan supaya siswa dapat belajar secara aktif dalam proses pembelajaran fisika. Maka guru menggunakan beberapa metode pembelajaran fisika seperti simulasi komputer, permainan, atau fisika aneh, metode ini dilaksanakan sebagai selingan dalam proses pembelajaran fisika. Bagi siswa kelas XII supaya tidak menjadi beban untuk mempersiapkan UAN maka dibentuk metode pembelajaran yang menarik. Sehingga pandangan siswa yang mengatakan bahwa fisika merupakan pelajaran yang menakutkan berubah menjadi pandangan yang lebih maju bahwa sebenarnya fisika adalah bidang yang paling disukai dan digemari.
Kata Kunci : Metode pembelajaran kreatif, Fisika, Kelas XII
1.      PENDAHULUAN
1.1)Latar Belakang
Pelajaran fisika adalah salah satu pelajaran yang sering dihindari oleh siswa-siswa. Kebanyakan siswa menganggap bahwa pelajaran fisika sebagai hantu yang menakutkan, serta merupakan pelajaran yang membosankan dan tidak menarik karena didalamnya berisi rumus-rumus yang dirasa siswa sulit. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran fisika dikarenakan pandangan turun temurun dari jaman dahulu yang menganggap fisika sebagai potret yang sulit.
Guru fisika sebaiknya memahami bahwa, siswa-siswa membutuhkan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk dapat merubah pandangan mereka mengenai fisika yang dirasa sulit. Sehingga sebagai seorang guru fisika dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam  proses pembelajaran agar siswa aktif dan senang belajar fisika. Khususnya, siswa-siswa kelas XII yang akan menempuh UAN dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

1.1)Rumusan Masalah
a.       Metode pembelajaran fisika mana yang sering digunakan oleh guru fisika SMA kelas XII saat ini?
b.      Bagaimana metode pembelajaran kreatif untuk mata pelajaran fisika kelas XII?
c.       Apakah guru fisika SMA kelas XII perlu mengajar dengan berbagai variasi model? Mengapa demikian?

1.2)Tujuan
a.         Mengetahui metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru fisika SMA kelas XII saat ini.
b.        Menjelaskan metode pembelajaran yang kreatif untuk mata pelajaran fisika kelas XII.

Untuk lebih jelas silahkan download link di bawah ini



Popular posts from this blog

(Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi, Asas) BIMBINGAN KONSELING

Persamaan dan Perbedaan isi dari Permen Diknas NO 27 Tahun 2008 dan ABKIN Dalam Permen Diknas NO 27 tahun 2008